This page looks best with JavaScript enabled

cara mudah membuat shortlink dengan heroku

cara mudah membuat shortlink

 ·  ☕ 2 min read
Views

demo

Baru-baru ini banyak sekali situs-situs Shorten URL yang memberikan layanan untuk memperpendek URL, dari situs yang tidak memberikan apa-apa untuk kita sampai ada yang memberikan feedback seperti uang kepada kita untuk setiap URL yang dikunjungi oleh pengunjung.

Dari banyaknya situs untuk memperpendek URL, situs mana yang pernah kamu coba? apakah adf.ly? shorte.st? de.tk? atau mungkin situs milik saya pendk.tk? :D. Dari situs-situs tersebut mungkin ada kekurangan dan kelebihannya masing-masing ya.

Apa kamu pernah berpikir untuk membuat situs Shorten URL milik sendiri? mungkin banyak dari kita pernah berpikir seperti itu dan mungkin kamu juga pernah berpikir kalau membuat sebuah situs untuk memperpendek URL itu sulit. Sebenarnya untuk membuat situs seperti itu tidaklah sulit, hanya saja kita butuh sedikit niat, iya bro cuma butuh niat aja. 

jadi yang kita butuhkan di sini adalah

  1. akun github
  2. akun heroku

jika kamu belum punya ke dua dua nya silakan di buat dulu, karena kita akan menggunakan hosting atau server dari heroku.

langsung aja ke tutorial nya ya !!!

  1. buka link https://github.com/MADEWGN/fast-url lalu langsung fork agar tersalin ke akun github mu, setelah itu silakan buka tombol deploy nya di tab baru

  2. silakan beri nama app nya setelah itu langsung tekan deploy

pic

seperti ini saya menggunakan nama fast-links

langsung saja deploy dan tunggu hinga proses nya selesai.

jika sudah selesai buka Manage app dan langkah terakhir tinggal open app selesai.

nanti nya setelah di buka akan terlihat seperti ini

demo

live demo : https://fast-links.herokuapp.com/

Share on

Made Wiguna
WRITTEN BY
Made Wiguna
Web Developer